Mengapa Memilih Ubuntu? Ini Alasannya!


1. Free Software
Jika anda menggunakan ubuntu, maka anda tidak perlu lagi memikirkan masalah biaya lisensi atau masalah pembatasan penggunaannya lagi, karena Ubuntu adalah free. Anda dapat menginstall Ubuntu di beberapa komputer yang anda inginkan, tanpa khawatir akan melanggar hak cipta. Dengan Ubuntu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lisensi yang sangat mahal untuk sebuah OS yang secara fungsionalitas hampir sama (bahkan untuk beberapa hal, Ubuntu jauh lebih baik). Jadi jangan heran jika lebih dari 8 juta orang telah menggunakan Ubuntu dewasa ini.

2. Ease of Use
Ubuntu merupakan Operating System (OS) yang berfokus pada simplicity dan ease of use, sesuai dengan motto-nya, yaitu “Linux for Human Beings”. Oleh karenanya, motto ini menjadi roh dalam setiap upaya pengembangannya. Hal tersebut membuat para penggunanya dapat dengan mudah mempelajari OS yang satu ini.

3. Bundled Applications
Ubuntu hadir dengan paket-paket aplikasi yang cukup lengkap untuk berbagai keperluan. Beberapa paket aplikasi tersebut diantaranya adalah :
– Office Application : OpenOffice.org.
– Internet : FireFox Web Browser, Evolution Mail, Emphaty IM Client, dll.
– Graphics : GIMP Image Editor, F-spot Photo Manager, XSane Image Scanner, dll.
– Sound and Video : Movie Player, Rhythmbox Music Player, dll.
– Games.

4. Software Repositories
Free Software lainnya tersedia di repositori pusat Ubuntu. Dengan add/remove tool yang user-friendly, anda dapat menjelajah aplikasi-aplikasi tersebut berdasarkan kategori yang ada atau langsung mencarinya berdasarkan nama program atau keterangannya. Aplikasi-aplikasi tersebut telah dicoba dan di-test di atas platform Ubuntu, pemeliharaan dan security patches-nya pun secara otomatis dikirimkan ke desktop user, sehingga anda dapat dengan mudah melakukan update terhadap aplikasi-aplikasi tersebut.

5. Across the Globe
Ubuntu hadir dengan berbagai translasi bahasa yang memudahkan para penggunanya di seluruh dunia dalam penggunaannya. Para pengguna dan Komunitas Ubuntu tersebar di seluruh dunia, sehingga anda dapat dengan mudah untuk menemukan support baik itu yang komersil maupun yang tidak.

6. Compatible

Dengan adanya aplikasi OpenOffice.org, maka anda dapat dengan mudah berbagi dokumen anda dengan user yang lain, walaupun mereka menggunakan aplikasi perkantoran yang berbeda. Hal ini dikarenakan aplikasi OpenOffice.org tersebut dapat membuka dan menyimpan dokumen anda dalam format file yang sama dengan aplikasi perkantoran lainnya.

7. Predictable Release Cycle
Ubuntu merelease versi terbarunya, baik untuk desktop maupun untuk server, setiap enam bulan sekali. Dan anda dapat melakukan upgrade ke versi terbaru Ubuntu secara gratis (free of charge). Ini artinya, anda akan selalu memiliki kesempatan untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi terkini dan terbaik dari dunia open source.
Disamping itu, aspek keamanan merupakan aspek yang selalu dijaga dalam setiap upaya pengembangan Ubuntu. Itu karenanya, anda mendapatkan free security update selama 18 bulan. Bahkan untuk versi Long Term Support (LTS) anda mendapatkan tiga tahun support untuk desktop dan lima tahun untuk server.

Tulisan Terkait

Mengapa Memilih Ubuntu? Ini Alasannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Senang dengan tulisan di atas? Silahkan berlangganan posting terbaru langsung melalui email.