Konversi Scan (Scan Conversion)
merupakan sebuah teknik untuk mengubah vertikal / horizontal frekuensi
scan dari sinyal video untuk tujuan dan penerapan yang berbeda.
Perangkat (alat) yang melakukan konversi ini disebut scan converter.
Pengaplikasian dari konversi scan mencakup hal yang luas seperti:
proyektor video, peralatan cinema, kartu TV dan video capture, televisi
standar dan televisi high definition (HDTV), monitor LCD, dan
berbagai aspek gambar serta pemrosesan video. Mekanisme dan metode
dalam konversi scan melibatkan perubahan informasi gambar (data rate) dan pembungkus gambar baru pada sinyal sinkronisasi yang sesuai.
Ada dua metode yang digunakan dalam
mengubah data rate gambar: Metode Analog, yakni metode yang bersifat
non-retentive, memory-less atau real time. Dengan metode ini, konversi
dilakukan dengan menggunakan sejumlah besar delay cell dan cocok
digunakan untuk video analog. Metode yang kedua yakni: Metode Digital
yang bersifat menyimpan (buffered). Dengan metode ini, gambar disimpan dalam buffer garis atau bingkai dengan kecepatan n1 (data rate)
dan dibaca dengan kecepatan n2, beberapa teknik pengolahan gambar dapat
diaplikasikan jika gambar disimpan dalam memori buffer termasuk jenis
interpolasi dari perbandingan sederhana ke perbandingan cerdas, deteksi
gerakan dan untuk meningkatkan kualitas gambar dan mencegah konversi
artefak. Konversi Scan meliputi:
- Algoritma DDA, adalah suatu algoritma (pendekatan) pengkonversian suatu himpunan pixel–pixel menjadi suatu garis yang didasari atas perhitungan delta(x) dan delta(y);
- Algoritma Bresenham merupakan suatu algoritma (pendekatan) yang dikreasikan oleh Bresenham yang tidak kalah akurat dan efisien dengan algoritma primitif lainnya (seperti DDA), bagian pengkonversian (scan–konversi) garis akan melakukan kalkulasi untuk penambahan nilai–nilai integer (yang dibutuhkan untuk membentuk garis) yang disesuaikan dengan tipe grafik yang dipakai oleh layar komputer.
- Symmetry Algorithm;
- Incremental Algorithm;
- Midpoint Algorithm, di dalam algoritma penggambaran lingkaran pada koordinat raster, misalkan pada suatu unit interval, sebelumnya kita harus menentukan posisi pixel yang paling dekat untuk menspesifikasi beberapa langkah pembentukan lingkaran yang diharapkan. Kita berikan radius r dan posisi tengah pixel (xc ,y c), kita dapat mengatur atau menentukan sesuai kondisi tertentu suatu algoritma perhitungan yang bertitik pusat pada koordinat origin (0, 0).
- Pattern Primitive;
- Alligned Ellipses.
- http://gmm.fsksm.utm.my/~e-learn/asasGrafik/primitif_output
- http://gmm.fsksm.utm.my/~e-learn/asasGrafik/primitif_output/bott_primitif_op.htm
- Line Draw with Applet
- Wikipedia: Computer Graphic Algorithm
http://prihastomo.wordpress.com/
Contoh Program dengan Algoritma (DDA) Digital Differential analyzer dan Bresenham dengan javascript
4/
5
Oleh
Holong.Me